Jumat, 18 Februari 2011

Dampak positif dan negatif "INTERNET"

Pada jaman sekarang internet sangat berperan bagi kehidupan sehari-hari. Namun adanya internet menimbulkan tidak sedikit dampak negatifnya. Mungkin sebagian dari kita udah sering denger tentang berita penculikan yang berawal dari perkenalan jejaring sosial Facebook.Namun itu hanya sebagian kecil dari dampak negatif internet. Tetapi tak hany dampak negatif dampak positif yang dirasakan oleh kita pun banyak. Kita bisa berteman dengan banyak orang, mengirim data dll. nah sekarang aku akan menjelaskan dampak positif dan negatif dari internet. langsung kita mulai aja ya ..

Dampak Positif

1. Internet sebagai alat komunikasi contohnya jejaring sosial seperti Facebook, Twitter itu adalah aplikasi pendukungnya.

2. Media pertukaran file contohnya lewat email, melalui WWW (world wide web) dan masih banyak lagi. semua pengguna interet bisa bertukar informasi secara mudah dan pastinya cepat.

3. Media untuk mencari informasi contohnya lewat si paman google, paman Wikipedia.

4. Untuk Berbisnis. cocok banget nih yang mau promosi barang di internet. karena yang bisa liat barang yang bakal dipromosiin itu banyak banget. ga hanya orang indo tapi yang pasti semuanya.

5. Dalam bidang perbankan bisa menggunakan jasa perbankan online.

6. Bidang Pendidikan. kalo misalnya belajar jarak jauh.

7. menghemat uang. misalnya sekarang banyak warnet yang tersebar di beberapa tempat dan ada juga tempat yang free hotspot. Banyak provider yang berlomba memberi fasilitas internet hemat atau produk modem yang harganya sangat terjangkau.

8. bidang kesehatan. untuk berkonsultasi dengan dokter, mendapat informasiseputar kesehatan.

Dampak Negatif

1. Cyber Crime. Kejahatan di dunia maya sedang marak terjadi. seperti pada awal pembicaraan banyak mahasiswa yang di culik karena perkenalan melalui Facebook.mungkin kita harus membatasi perkenalan dengan orang asing.

2. Pornografi. banyak situs yang menayangkan pornografi. kalo udah gini bahaya banget nih. waktu itu aku sempat nonton tv. Ada Psikolog bilang intinya seperti ini "Apabila kita tidak membatasi anak dalam menggunakkan internet dan anak tersebut menggunakan internet dengan salah dalam artian untuk hal porno, anak akan mengalami kecanduan. Mungkin kecanduan ini susah untuk diatasi karena tidak seperti narkoba yang di konsumsi dengan memakannya, tetapi pornografi dikonsumsi dengan merekam atau melihat dan apa yang dilihat itu akan selalu tersimpan di otak. itu akan menyebabkan kerusakkan pada otak" UUH!! serem ga tuh. klo ga bisa diobatin gimana tuh? berabe kan?

3. Penipuan. banyak sekali iklan yang terpampang di web web tertentu dengan tawaran yang menggiurkan. tapi kalian jangan langsung tertarik dengan itu semua karena bisa jadi itu hanya tipuan. klo bisa cek dulu keaslian informasinya.

4. Game online. hampir sama dengan pornografi. ini bisa menyebabkan kecanduan. dampaknya kita jadi males buat belajar dan rela berjam-jam nongkrong di depan laptop atau komputer sampe-sampe lupa makan, mandi,tidur.

5. hal pribadi menjadi konsumsi publik. hal-hal yang bersifat pribadi bisa diketahui publik dengan mudah apabila kita tidak berhati-hati

nah itu dampak positif dan negatif yang saya ketahui dari internet. semoga bermanfaat untuk aku, kalian dan semua orang ^__^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar